Jawaban: Apa Keuntungan & Kelemahan Metode Kemitraan Inti Plasma Antara Petani Rempah & Industri Sido Muncul?

- 28 Mei 2024, 17:35 WIB
Kunci jawaban soal, Apa keuntungan dan kelemahan dari metode kemitraan inti plasma antara petani rempah dan industri Sido Muncul.
Kunci jawaban soal, Apa keuntungan dan kelemahan dari metode kemitraan inti plasma antara petani rempah dan industri Sido Muncul. /Dok Sido Muncul

INDOTRENDS.ID - Mari simak pembahasan kunci jawaban soal : Apa keuntungan dan kelemahan dari metode kemitraan inti plasma antara petani rempah dan industri Sido Muncul ?

Setelah mengoleksi sejumlah referensi, berikut kunci jawaban soal : Apa keuntungan dan kelemahan dari metode kemitraan inti plasma antara petani rempah dan industri Sido Muncul ?

Simak Bunyi Soal Lengkap:

KEMENKOPUKM BANGUN KEMITRAAN STRATEGIS PETANI REMPAH DAN USAHA BESAR

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama PT. Sido Muncul Tbk sepakat membangun kemitraan strategis antara petani rempah dengan usaha besar termasuk Sido Muncul sebagai produsen jamu.

"Para petani dan koperasi petani menjadi rantai pasok industri atau supply chain, khususnya untuk Sido Muncul," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

MenKopUKM Teten yang berdialog usai langsung para petani rempah dan koperasi petani, di kawasan pabrik Sido Muncul, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah itu menyampaikan kerja sama yang disepakati mencakup kesepakatan petani rempah dan koperasi petani dengan Sido Muncul sebagai offtaker bagi produk rempah yang dihasilkan para petani.

Ditegaskannya, bila produk petani sudah terjamin mutunya maka semakin mudah untuk diserap offtaker. Selain itu, pihak perbankan juga lebih ringan dalam memberikan pembiayaan di tingkat onfarm (petani). Misalnya, melalui KUR Kluster yang plafondnya bisa mencapai Rp500 juta.

"Koperasi petani juga kita perkuat permodalannya lewat dana bergulir LPDB-KUMKM. Bisa sebagai offtaker, atau untuk membeli mesin-mesin pengolahan rempah dan herbal agar berstandar Sido Muncul," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah