Penyakit Cantengan Atau Paronychia Namanya Asing Dan Sering DiabaikanTapi Jangan-Jangan Kamu Penderitanya

- 18 Juni 2021, 09:20 WIB
Cantengan atau Paronikia
Cantengan atau Paronikia /RahmanDhani | IndoTrend.id

INDOTRENDS.ID - Cantengan atau dalam bahasa kedokteran disebut  dengan paronychia (baca : paronikia), adalah kondisi dimana jari kita disekitar bawah kuku terjadi infeksi, pembengkakan, kemerahan dan rasa nyeri nyut-nyutan.

Yang paling umum dan sering terjadi adalah pada jempol kaki kiri, kanan atau sering juga dua-duanya. Namun bisa juga terjadi pada jari-jari yang lain, bahkan pada jari-jari tangan.

Ada beberapa macam penyebab terjadinya penyakit cantengan ini, antara lain kuku yang tumbuh melengkung kedalam, menancap kedalam jaringan kulit bahkan sampai ke jaringan dibawah kulit yang berpembuluh darah sehingga kemudian menyebabkan infeksi kuman, dan pembengkakan.

Dalam banyak kasus, kuku yang tumbuh kedalam kulit juga terjadi karena perlakuan salah kita dalam merawat kuku. Kuku dipotong terlalu pendek baik kuku bagian depan, sisi kiri dan kanan, sehingga saat kemudian kuku tumbuh, arahnya tidak kedepan seperti seharusnya, namun kebawah, sehingga menancap ke dalam kulit.

Cantengan pada jari tangan
Cantengan pada jari tangan Medscape

Baca Juga: Lambung Perih karena Sakit Maag? Ini Penyebab Penyakit Maag yang Sering Tak Disadari dan Solusinya

Penyebab lain, karena kita sering membersihkan atau mengkorek-korek bawah kuku dengan benda yang tidak steril, misalnya tusuk gigi, cotton bud yang tidak steril atau batang korek api, atau lidi dsb. Maksudnya baik, namun mengkorek-korek bawah kuku menyebabkan terbentuknya semacam ruang dibawah kuku, yang apabila kaki kita sewaktu-waktu terkena air kotor, maka kuman masuk kedalam kuku, bertumbuh, berkoloni lalu menyebabkan infeksi

Paronikia bisa terjadi secara akut yang umunya disebabkan oleh infeksi kuman Stafilokokus aureus. Sedang kejadian yang kronik, jangka panjang biasanya terjadi karena infeksi jamur kandida albican.

Kuman-kuman tersebut bisa saja didapatkan dari air kotor yang tak kita sadari berasal dari saat kita berkegiatan diluar seperti air sungai, air got, air hujan, bahkan air mandi, air penyeberangan wudhu yang sering ada di masjid-masjid  dan lainnya. Kita tidak pernah tahu, apakah air yang kita gunakan untuk membasuh kaki adalah air bersih atau tidak.

Halaman:

Editor: Rahman Dhani

Sumber: Medscape


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X