TEKA-TEKI Swab PCR Positif hingga 4 Bulan Meski Sudah Sembuh Covid Terkuak, dr Adaninggar: Kelemahan Alat Swab

- 21 Juli 2021, 21:30 WIB
 Teka-teki swab PCR hasilnya tetap positif hingga 4 bulan meski pasien Covid-19 sudah sembuh akhirnya terjawab.  Menurut dr. Adaninggar, dokter spesialis penyakit dalam, salah satu sebabnya adalah kelemahan alat swab PCR yang tidak bisa membedakan virus corona yang sudah mati dan masih aktif sehingga kurang presisi.
Teka-teki swab PCR hasilnya tetap positif hingga 4 bulan meski pasien Covid-19 sudah sembuh akhirnya terjawab. Menurut dr. Adaninggar, dokter spesialis penyakit dalam, salah satu sebabnya adalah kelemahan alat swab PCR yang tidak bisa membedakan virus corona yang sudah mati dan masih aktif sehingga kurang presisi. /Kolase/Instagram @drningz dan Humas Polres Jember

INDOTRENDS.ID - Teka-teki swab PCR hasilnya tetap positif hingga 4 bulan meski pasien Covid-19 sudah sembuh akhirnya terjawab.

Menurut dr. Adaninggar, dokter spesialis penyakit dalam, salah satu sebabnya adalah kelemahan alat swab PCR yang tidak bisa membedakan virus corona yang sudah mati dan masih aktif sehingga kurang presisi.

Sementara secara teori, virus corona akan mati setelah sang pasien melewati 10 hari isolasi mandiri dan mengonsumsi berbagai vitamin dan obat pendongkrak imun.

Dokter spesialis penyakit dalam dr. Adaninggar mengungkapkan kenapa tes swab PCR bisa positif 3 sampai 4 bulan berturut-turut meski sudah sembuh dari Covid-19.

Pada sesi wawancara di sebuah stasiun radio, dr. Adaninggar menceritakan pengalamannya yang pernah merawat pasien Covid-19 hingga 4 bulan akibat tes swab PCR positif terus.

Hal tersebut dikarenakan adanya kelemahan pada alat tes swab PCR tersebut.

Baca Juga: DOKTER Saja Ikut Syok, Keluarga Pasien Harus Tebus Obat Covid Rp 130 Juta, dr. Andi Khomeini Takdir: Gila!

“PCR ini kan kelemahannya, dia bisa mendeteksi materi genetik, dimana materi genetik kan tidak bisa kita bedakan. Apakah dia dari virus yang masih utuh atau yang sudah rusak,” ujarnya.

Dia pun menjelaskan secara ilmiah bahwa virus corona akan mati setelah melewati minimal 10 hari masa isolasi.

Halaman:

Editor: Arumi Razeta

Sumber: Portal Jember


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X