Cara Membuat Obat Batuk Kering Bahan Herbal, Modalnya Hanya Madu, Jahe atau Air Garam, Mujarab Sembuhkan Batuk

- 15 Mei 2024, 19:00 WIB
Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati batuk kering, salah satunya adalah berkumur dengan air garam/asin.
Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati batuk kering, salah satunya adalah berkumur dengan air garam/asin. /istockphoto.com

INDOTRENDS.ID - Bagaimana Cara Buat Obat Batuk Kering dari Bahan Herbal? Siapkan Madu, Jahe atau Air Garam, Begini Resepnya ...

Artinya tidak perlu obat kimia beli di apotik mahal-mahal, pakai bahan murah herbal berikut ini dan perhatikan caranya: 

1. Jahe
Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dikenal dapat menenangkan saluran udara yang teriritasi. Jahe efektif mengurangi batuk dan nyeri tenggorokan pada penderita bronkitis akut. Jahe merupakan obat yang berguna untuk mengobati batuk kering. Anda bisa membuat teh berbumbu madu dan jahe untuk melegakan tenggorokan saat menderita batuk kering.

Jahe
Jahe

2. Madu

Madu adalah pengobatan alami untuk batuk kering karena membantu menekan batuk dan menenangkan tenggorokan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa madu lebih efektif meredakan batuk pada anak dibandingkan sirup obat batuk yang mengandung dekstrometorfan, bahan umum obat batuk yang dijual bebas.

3. Menghirup uap
Menghirup uap adalah pengobatan rumahan sederhana yang dapat membantu meredakan batuk kering dengan melembabkan saluran udara. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease menemukan bahwa menghirup uap memperbaiki gejala dan mengurangi kebutuhan obat pada pasien batuk. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan saluran udara dari semua bahan pengiritasi yang menyebabkan batuk kering.

4. Berkumur dengan air garam atau air asin
Berkumur dengan air garam hangat 2-3 kali sehari dapat membantu menghilangkan batuk kering. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa berkumur dengan air garam efektif mengurangi infeksi saluran pernafasan pada orang dewasa yang sehat.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah