5 Cara Memasak Nasi Agar Tidak Lengket dan Mengering di Panci Rice Cooker, Nyesel Banget Baru Tahu Sekarang!

- 11 Mei 2024, 10:59 WIB
ilustrasi nasi putih
ilustrasi nasi putih /freepik/xb100/

INDOTRENDS.ID - 5 Cara Memasak Nasi Agar Tidak Lengket dan Mengering di Panci Rice Cooker, Nyesel Banget Baru Tahu Sekarang! 

1. Beras dicuci sebelum dimasak

Jangan lupa mencuci beras sebelum dimasak, karena kotoran dan debu yang menempel pada kulit beras dapat terbuang dan menjadikan beras lebih bersih dan sehat untuk dikonsumsi. Juga kecil risiko nasi yang dimasak menempel di panci rice cooker. 

2. Beri minyak sayur 1-2 sendok ke dalam air untuk memasak beras

Ilustrasi  nasi di panci rice cooker
Ilustrasi nasi di panci rice cooker FREEPIK/freepik

Minyak sayur membantu mencegah nasi menempel pada dinding panci rice cooker karena saat minyak sayur dicampur dengan air, maka permukaan air akan menjadi lebih licin sehingga nasi tidak mudah menempel pada dinding panci rice cooker.

Menambahkan minyak sayur ke dalam air saat memasak beras di rice cooker juga dapat membantu menghasilkan nasi yang lebih lembut dan enak karena ikut menjaga kandungan air dalam nasi sehingga nasi tidak mudah kering.

3. Stop membiarkan nasi terlalu lama di dalam panci rice cooker

Nasi yang dibiarkan terlalu lama di dalam panci rice cooker biasanya jadi lengket dan susah untuk dibersihkan. Penyebabnya karena uap air yang terperangkap dalam panci rice cooker membuat nasi terlalu lembap dan lengket.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah