Anggaran Rp 560 M Formula E Dipertanyakan, Wakil Ketua DPRD Jakarta: Tabayun Dulu Tunggu Klarifikasi Gubernur

- 31 Januari 2021, 18:29 WIB
Gelaran Formula E Resmi Ditunda
Gelaran Formula E Resmi Ditunda /

INDOTRENDS.ID - Penundaan ajang penyelenggaran balap mobil ramah lingkungan Formula E oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah dilakukan sebanyak dua kali.

Diketahui penundaan ajang Formula E sebelumnya dilakukan pada 11 Maret 2020 ketika Covid-19 merebak di Indonesia.

Namun penundaan ini justru menuai tanda tanya di benak publik.

Pasalnya, muncul kontroversi yang menyeret persoalan seputar 'bola panas' anggaran ajang Formula E yang telah disiapkan.

Sebagaimana diberitakan Pikiranrakyat-Bekasi.com dalam artikel "Nasib Rp560 Miliar untuk Ajang Formula E Dipertanyakan, DPRD Jakarta Akan Minta Klarifikasi Anies Baswedan", kisruh mengenai anggaran biaya komitmen Formula E di Jakarta sebelumnya diutarakan oleh Anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PSI Gilbert Simanjuntak.

Menanggapi kisruh anggaran Formula E, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani meminta semua pihak agar tabayun dan melakukan klarifikasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sembari kita tabayun, saya pikir lebih bijak kalau gubernur yang langsung klarifikasi saja. Jawab pertanyaan publik dengan data dan fakta. Jangan sampai rakyat hanya menerka-nerka, akhirnya timbul hoaks," kata Zita Anjani dalam keterangannya di Jakarta, yang dikutip dari Antara.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, Anies Baswedan tidak bisa hanya mengumumkan penundaan penyelenggaraan acara dan hanya memberikan informasi bahwa dana biaya komitmen (commitment fee) sebesar Rp560 miliar yang telah diberikan tidak lah hangus.

Seharusnya, menurut Zita, Anies Baswedan cs harus memberikan kepastian kepada masyarakat di tengah kondisi pandemi seperti saat ini karena banyak pihak yang mempertanyakan status dan jumlah anggaran yang telah dihabiskan.

Halaman:

Editor: Lilis Maryati

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah