Gara-gara Hal Ini China Kecam Jepang

- 5 Februari 2021, 18:29 WIB
Kolase bendera Jepang dan China.
Kolase bendera Jepang dan China. //Pixabay/jorono/SW1994

INDOTRENDS.ID - Terkait kondisi di Laut China Selatan kondisi bergejolak, apalagi setelah muncul pernyataan dari Jepang yang menuai kecaman dari China.

Seperti dikutip Indotrends.id dari Pikiran-Rakyat, China menuduh Jepang berusaha mengacaukan situasi yang sedang memanas di Laut China Selatan.

Pernyataan tersebut muncul setelah Jepang mengatakan akan meningkatkan aktivitas di perairan yang tengah diperebutkan itu, dengan melalui patroli pelatihan bersama dengan Amerika Serikat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang mengungkapkan bahwa negara-negara di kawasan tersebut telah mencapai consensus.

Bahwa masalah mengenai Laut China Selatan harus diselesaikan melalui pembicaraan antara pihak-pihak yang terlibat secara langsung.

"Jepang membuat kekacauan selama periode waktu yang sama ini, mencoba untuk membingungkan situasi Laut China Selatan dengan dalih bertindak untuk komunitas internasional," ujar Lu Kang.

Selain itu ia juga menyebut bahwa tindakan Jepang hanya mendorong negara lain menjauh darinya, dan telah gagal memaksa negara lain untuk melihat sudut pandangnya.

Lu Kang, juga memperingatkan Jepang untuk tidak ikut campur dalam permasalahan yang tengah menjadi sorotan ini, seperti Pikiran-Rakyat.com kutip dari CCTV.

“Saya memperingatkan Jepang dalam dua aspek. China tegas dalam tekadnya untuk melindungi kedaulatan dan kepentingan maritimnya. China akan melakukannya. bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas dengan negara-negara Asia Tenggara," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rimawan Prasetiyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah