DITEMUKAN di Subang dan Karawang, Ribuan Kotak Oranye Ini Ternyata Berisi Bantuan untuk Korban Banjir

- 17 Februari 2021, 08:00 WIB
Warga korban banjir saat mendapat bantuan. /isu bogor

INDOTRENDS.ID - Hampir satu tahun berlalu sejak pandemi Covid-19 mewabah di tanah air, namun laju angka penularan belum kunjung menurun.

Sementara masyarakat dan pemerintah tengah berjuang melawan pandemi, di awal tahun 2021, Indonesia kembali berkabung akibat terjadinya berbagai bencana alam yang tersebar di beberapa daerah di tanah air.

Sejak bulan Januari hingga Februari, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat total bencana alam di Indonesia telah mencapai 441 bencana. 250 di antaranya adalah bencana alam banjir akibat tingginya curah hujan.

Dari angka tersebut, Karawang dan Subang menjadi titik bencana alam banjir yang terbaru di awal Februari 2021. BNPB juga mencatat sebanyak 21 kecamatan di Subang terdampak oleh bencana banjir, sementara di Karawang, ribuan rumah yang tersebar di 17 kecamatan terendam banjir. 

 Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem di Pulau Jawa, termasuk Jawa Barat, masih akan terus berlangsung hingga akhir bulan Februari.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, masyarakat dan pihak terkait dianjurkan untuk terus waspada dan sigap dalam mitigasi dan penanggulangan pasca-bencana.

 Hingga saat ini, bantuan untuk Karawang dan Subang masih terus disalurkan, baik dari pihak pemerintah, swasta, maupun pribadi.

 Bencana banjir ini sempat ramai dibahas di media sosial, di mana warganet turut mengekspresikan simpati bagi para korban banjir. Selebriti tanah air juga menunjukkan kepedulian terhadap bencana ini, seperti terlihat pada percakapan Risa Saraswati dan salah satu akun di media sosial yang melaporkan keadaan terkini langsung dari lokasi.

Tangkapan layar DM
Tangkapan layar DM isu bogor

Dari percakapan tersebut, terlihat sudah ada beberapa bantuan yang datang dari berbagai pihak.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: IndoTrends.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X