KABAR Gembira! 189 Ribu Lowongan CPNS 2021 Segera Dibuka di Seluruh Indonesia, Siap Login di sscn.bkn.go.id

- 5 Maret 2021, 08:31 WIB
Formasi CPNS 2021: Simak Rinciannya Berikut Ini
Formasi CPNS 2021: Simak Rinciannya Berikut Ini /

INDOTRENDS.ID - Kabar gembira! 189 ribu lowongan CNPS 2021 segera dibuka di seluruh Indonesia. Bersiaplah mendaftar di link sscn.bkn.go.id dan siapkan persyaratan ini.

Pada 2020, Pemerintah tidak menyelenggarakan rekrutmen aparatur sipil negara (ASN), baik itu pegawai negeri sipil (PNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Namun, tahun 2021 ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Negara akan menerima sekira 189 ribu pegawai pemerintah daerah se-Indonesia.

Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa penerimaan 189 ribu pegawai tersebut terdiri atas 70 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional, selain guru.

Sementara itu, sebanyak 119 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diperuntukan bagi berbagai jabatan teknis yang diperlukan.

Menurutnya, jabatan tersebut termasuk tenaga kesehatan dan tenaga lapangan lainnya yang secara operasional menjalankan tugas secara spesifik guna memenuhi target pembangunan.

Mengutip Pikiran Rakyat, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa secara proporsional, 70 hingga 80 persen terdiri atas tenaga-tenaga pelaksana utama di bidang pendidikan, penyuluh pertanian, penyuluh keluarga berencana (KB) atau pegawai yang langsung bertugas di lapangan.

Menurutnya jumlah tersebut merupakan kebutuhan untuk dua tahun, yaitu 2020 dan 2021 karena pada 2020 Negara tidak menyelenggarakan penerimaan ASN.

Dikabarkan Antara, guna mengisi kebutuhan di instansi pemerintah pusat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) telah menentukan jumlahnya, yaitu sekira 83 ribu.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x