TERUNGKAP! Alasan Israel Disebut Kalah, Hamas Disebut Pemenang, Padahal Korban Tewas Lebih Banyak Palestina

- 24 Mei 2021, 10:06 WIB
Warga Palestina duduk di tenda darurat di tengah puing-puing rumah mereka yang dihancurkan oleh serangan udara Israel selama pertempuran Israel-Hamas di Gaza, 23 Mei 2021.
Warga Palestina duduk di tenda darurat di tengah puing-puing rumah mereka yang dihancurkan oleh serangan udara Israel selama pertempuran Israel-Hamas di Gaza, 23 Mei 2021. /REUTERS/Mohammed Salem

INDOTRENDS.ID - Terungkap! Alasan mengapa Israel disebut kalah besar, Hamas disebut pemenang, padahal korban meninggal dunia jauh lebih banyak di pihak Palestina.

Rupanya, Israel dan pendukung utamanya, Amerika Serikat, dibuat malu oleh hujatan dunia internasional di forum PBB, termasuk dari Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi .

Selain itu, di dalam negeri Israel sendiri berkecamuk perang saudara di kota Lod, saat militer bombardir jalur Gaza. 

Israel yang akhirnya menyerah pada desakan gencatan senjata merupakan sebuah kekalahan perang luar biasa.

Karena nafsu Israel memaksa Hamas menyerah kandas di tengah jalan karena tak kuat caci maki dunia internasional lantaran banyaknya nyawa anak-anak tak berdosa melayang di Palestina akibat roket-roket Israel. 

Pengamat politik, H. Rizal Fadillah menyatakan, akhirnya diumumkan gencatan senjata antara Israel dan Palestina.

PM Israel Benyamin Netanyahu menyatakan seluruh anggota Kabinet Keamanan Israel dengan suara bulat menyetujui gencatan senjata yang dimulai Jumat dinihari, 22 Mei 2021 lalu.Abu Ubaidah pemimpin HAMAS membenarkan terjadinya gencatan senjata.

"Gencatan senjata adalah kekalahan Israel dan kemenangan Palestina khususnya HAMAS.

Jalur Gaza yang dibombardir tidak memberi efek menyerahnya HAMAS, sebaliknya roket-roket yang menghantam seluruh kota Israel adalah pukulan telak," kata Rizal dalam pernyataannya, Senin, 24 Mei 2201.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Jurnal Soreang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah