Bekingi Israel Ngebom Gaza, Kini Amerika Janji Bantu Pulihkan Kehancuran di Palestina, Tetap Warning Hamas

- 26 Mei 2021, 10:56 WIB
Menlu AS, Antony Blinken bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa, 25 Mei 2021 di Yerusalem.
Menlu AS, Antony Blinken bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa, 25 Mei 2021 di Yerusalem. /Reuters/Menahem Kahana/Pool via Reuters./

INDOTRENDS.ID - Awalnya Amerika Serikat bekingi Israel memporak-porandakan Gaza dengan alasan sasarannya Hamas.

Kini Amerika kirim Menteri Luar Negerinya, Antony Blinken ke Palestina, untuk komitmen membantu membangun kembali Gaza yang hancur karena ulah Israel.

Tapi di sisi lain, Amerika tetap me-warning keras ke Hamas, bahwa percuma Gaza dibangun lagi kalau Hamas tetap kirim roket-roketnya ke Israel.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan pemerintah Amerika Serikat akan mencarikan bantuan tambahan sebesar 75 juta dolar AS atau setara Rp1 triliun kepada Palestina.

Hal itu disampaikan Antony Blinken saat bertemu Presiden Palestina, Mahmoud Abbas pada Selasa, 25 Mei 2021 waktu setempat.

Dikutip IndoTrends.ID dari Pikiran Rakyat dalam artikel Antony Blinken Bertemu Presiden Palestina, Janjikan Bantuan Rp1 Triliun dan Buka Konsulat, yang melansir dai New York Post, Blinken bertemu dengan Abbas di Tepi Barat beberapa jam setelah mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem, yang menegaskan kembali komitmen AS untuk keamanan Israel.

Selama pertemuan dengan Abbas di Ramallah, Blinken mengatakan dia memberitahu kepada Netanyahu bahwa AS akan membuka kembali konsulatnya di Yerusalem untuk 'melibatkan rakyat Palestina'.

Dia juga mengatakan pemerintahan AS di bawah Joe Biden akan bekerja dengan PBB, mitra internasional, dan 'pemerintah Israel' untuk "membantu dalam upaya bantuan dan pemulihan di Gaza.

Blinken bahkan memberi tahu Mahmoud Abbas dan Benjamin Netanyahu bahwa AS akan mencari tambahan dana 75 juta dolar AS dari Kongres untuk Palestina.

Halaman:

Editor: Arumi Razeta

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah