26 Oktober Peringatan Hari Apa? Innalillahi! Mbah Maridjan Meninggal Saat Gunung Merapi Meletus, 11 Tahun Lalu

- 25 Oktober 2021, 22:39 WIB
Hari ini, 11 tahun lalu, tepatnya 26 Oktober 2021, Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi, meninggal dunia pada hari Gunung Merapi mengalami erupsi.
Hari ini, 11 tahun lalu, tepatnya 26 Oktober 2021, Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi, meninggal dunia pada hari Gunung Merapi mengalami erupsi. /Youtube Jogja Archive

INDOTRENDS.ID - Innalillahi wa inna ilaihi rojiun! Hari ini, 11 tahun lalu, tepatnya 26 Oktober 2021, Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi, meninggal dunia pada hari Gunung Merapi mengalami erupsi.

Itulah momen duka cita yang tak terlupakan terutama bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, serta bangsa Indonesia pada umumnya.

Sama-sama wafat saat erupsi Gunung Merapi kala itu adalah wartawan senior Yuniawan Wahyu Nugroho.

Almarhum meninggal saat melakukan liputan lapangan, pemantauan erupsi Gunung Merapi.

Publik tentunya masih mengingat letusan hebat gunung Merapi yang terjadi pada hari Selasa 26 Oktober 2010 lalu, utamanya bagi masyarakat di D.I. Yogyakarta dan sebagian kecil Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: VIRAL TIKTOK ! Sholawat Jibril, Tulisan Arab, Latin, dan Keutamaannya, 'ShallallahU ala muhammad'

Ada momen yang menjadi perhatian publik pada letusan Merapi ketika itu. Mbah Maridjan yang merupakan tokoh spiritual sekaligus juru kunci gunung meninggal dunia di rumahnya.

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia maupun di dunia. Dari sekian letusan, tak jarang menyebabkan korban jiwa serta kerusakan harta dan benda milik masyarakat di sekitarnya.

Gunung dengan ketinggian 2.969 mdpl itu masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Sleman di Provinsi D.I. Yogyakarta dan Kabupaten Magelang, Boyolali, dan Klaten di Provinsi Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Arumi Razeta

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x