INNALILLAHI! Duka Cita Meninggalnya Arifin Panigoro, Bos Medco, Pengusaha Minyak, Keluarga: Maafkan Beliau

- 28 Februari 2022, 09:59 WIB
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, pengusaha minyak dari Sulawesi, pendiri PT Medco Energi International Tbk, Arifin Panigoro meninggal dunia karena sakit setelah jalani perawatan di Amerika Serikat pada Minggu, 27 Februari 2022 waktu setempat atau Senin, 28 Februari 2022 waktu Indonesia.
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, pengusaha minyak dari Sulawesi, pendiri PT Medco Energi International Tbk, Arifin Panigoro meninggal dunia karena sakit setelah jalani perawatan di Amerika Serikat pada Minggu, 27 Februari 2022 waktu setempat atau Senin, 28 Februari 2022 waktu Indonesia. /Instagram / Medcofoundation

INDOTRENDS.ID - Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, pengusaha minyak dari Sulawesi, pendiri PT Medco Energi International Tbk, Arifin Panigoro meninggal dunia karena sakit setelah jalani perawatan di Amerika Serikat pada Minggu, 27 Februari 2022 waktu setempat atau Senin, 28 Februari 2022 waktu Indonesia.

"Kami keluarga besar Bapak Arifin Panigoro dan Medco Group berterima kasih atas bantuan dari semua pihak dan pekerja atas dukungan dan doa selama beliau dirawat. Mohon dimaafkan apabila ada kekhilafan selama beliau beraktivitas selama ini,” ujar Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro dalam keterangannya, Senin 28 Februari 2022.

Ya, Arifin Panigoro pemilik perusahaan migas Medco Group tutup usia di Amerika Serikat setelah sekian lama sakit. Berdasarkan informasi yang beredar, Arifin Panigoro wafat pada usia 76 tahun jam 2.29 waktu Rochester Minneapolis, Amerika Serikat, atau 3.29 WIB.

Jenazah Arifin Panigoro segera dibawa pulang ke rumah duka di Griya Jenggala, Jl. Jenggala 1 No. 2 Jakarta. Belum diketahui jadwal waktu dan tempat pemakaman Arifin Panigoro.

Sekretaris Anggota Wantimpres Lucky Djani membenarkan kabar duka. Arifin Panigoro yang berdarah Gorontalo lahir 14 Maret 1945, dan dikenal sebagai pengusaha Indonesia di bidang migas.

Arifin Panigoro lahir dari orangtua yang berasal dari Gorontalo kemudian merantau ke Pulau Jawa sebelum kemerdekaan. Leluhur Panigoro berasal dari Potanga, sebuah desa di wilayah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Arifin Panigoro adalah pendiri dan pemilik perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi swasta terbesar di Indonesia, Medco Energi. Tak hanya sukses berbisnis, Arifin Panigoro juga merambah dunia politik yakni bergabung dengan partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri, PDIP.

ia juga sempat ikut menggagas partai baru yang bernama Partai Demokrasi Pembaruan bersama dengan sejumlah tokoh seperti Noviantika Nasution, Didi Supriyanto, Tjiandra Wijaya, Postdam Hutasoit, Sophan Sophiaan, Laksamana Sukardi, Roy B.B. Janis, Sukowaluyo Mintorahardjo, dan RO Tambunan.

Arifin Panigoro pernah tercatat sebagai orang Indonesia terkaya di urutan ke-47 versi Forbes. Tercatat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). 

Indonesia Kembali Berduka. Arifin Panigoro, Pendiri Medco Group Meninggal Dunia
Indonesia Kembali Berduka. Arifin Panigoro, Pendiri Medco Group Meninggal Dunia

Profil 

Arifin lahir di Bandung, 14 Maret 1945, memperoleh gelar Sarjana Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1973. Melanjutkan studi di Senior Executive Programme, The European Institute of Business, Fountainebleau Prancis tahun 1979.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x