Indonesia Borong 42 Jet Tempur Rafale Prancis Jadi Sorotan, Malaysia Beli Ini dari Amerika Menyesal, Mengapa?

- 11 Maret 2022, 17:06 WIB
Indonesia borong 42 jet tempur Rafale buatan Prancis jadi sorotan dunia, sedangkan Malaysia beli armada tempur dari Amerika Serikat menyesal, mengapa?
Indonesia borong 42 jet tempur Rafale buatan Prancis jadi sorotan dunia, sedangkan Malaysia beli armada tempur dari Amerika Serikat menyesal, mengapa? //france24.com

INDOTRENDS.ID - Indonesia memborong 42 jet tempur Rafale buatan Prancis jadi sorotan dunia, sedangkan Malaysia beli armada tempur dari Amerika Serikat menyesal berat! Jet tempur apa, dan mengapa menyesal berat?

Indonesia dan Malaysia belakangan ini seolah bersaing adu gengsi belanja pesawat tempur dari berbagai negara, khususnya Rusia dan Amerika. 

Tapi khusus untuk Malaysia, ternyata ada penyesalan mendalam ketika membeli jet tempur dari Amerika. Mengapa? 

Penyesalan itu adalah ketika membeli F-18 TUDM yang disebut sebagai blunder fatal yang dilakukan Malaysia. Karena F-18 Malaysia tidak diberi source code oleh Amerika sehingga tak bisa digunakan untuk berperang. 

Penyesalan itu pernah diungkap mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad pada Mei 2020 lalu.

"Kami tidak dapat memprogram pesawat untuk serangan apa pun terhadap negara lain tanpa mendapatkan pemrograman yang dilakukan oleh orang Amerika," katanya.

pada dasarnya Indonesia dan Malaysia mempunyai satu kesamaan, yakni doyan beli jet tempur dari berbagai negara.

Indonesia beli Su-27, 30, F-16, Rafale hingga Hawk, pun begitu dengan Malaysia.

Seakan mengikuti langkah Indonesia, Malaysia juga mencampuradukkan jet tempur lansiran berbagai negara macam F-18, MiG-29, Su-30 hingga Hawk.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah