PENAMPAKAN Alfamart di Banjar, Kalsel, Sebelum dan Sesudah Roboh, Penyebab: Usia Bangunan & Kondisi Tanah Rawa

- 19 April 2022, 09:55 WIB
Begini penampakan gedung Alfamart Gambut sebelum runtuh. Gedung tiga lantai ini terletak di Jl A Yani No 14, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan
Begini penampakan gedung Alfamart Gambut sebelum runtuh. Gedung tiga lantai ini terletak di Jl A Yani No 14, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan //Tangkapan Layar Twitter/@cerita0511

INDOTRENDS.ID - Apa sesungguhnya penyebab minimarket Alfamart di Gambut, Banjar, Kalimantan Selatan roboh / ambruk pada Senin sore 18 April 2022 ? Informasi penyebab runtuhnya Alfarmart belum jelas, karena belum ada pakar konstruksi yang menjelaskan.

Namun di media sosial ramai berhembus dugaan-dugaan warganet, terutama dari netizen warga sekitar.

Ada yang menyebutkan, Alfamart di Gambut Kalsel, bukan roboh tapi ambles di lahan gambut. 

Karena ambles, itu maka bangunan Alfamart seakan roboh, sebenarnya penyebab utamanya ambles di lokasi tanah bangunan tersebut berdiri.

Namun ini baru spekulasi warganet di media sosial yang belum terkonfirmasi kebenarannya oleh pakar konstruksi bangunan. 

Sementara dugaan sementara penyebab ambruknya Alfamart, menurut Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto, berdasar hasil keterangan warga sekitar, bangunan yang ambruk memang telah berusia sekitar 20 tahun.

Kondisi alam sekitar yang merupakan wilayah rawa, ditambah lagi dengan seringnya terendam banjir, sehingga layak diduga secara konstruksi tidak sesuai dengan kondisi awal berdiri.

"Jadi, ini bangunan tua dan disewa oleh Alfamart," ujar Irjen Rikwanto saat ditemui di lokasi kejadian, Senin malam, kepada pers. 

"Mudah-mudahan besok (hari ini, red) Tim Labfor sudah datang untuk melakukan pemeriksaan dan olah TKP," tegasnya.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah