Sandi Morse itu Apa? Ini Pengertian, Sejarah dan Cara Mudah Menghafalnya, Selamat Hari Pramuka 14 Agustus 2022

- 13 Agustus 2022, 15:01 WIB
Samuel FB Morse, penemu sandi morse
Samuel FB Morse, penemu sandi morse /Britannica.com/

INDOTRENDS.ID - Sandi morse itu apa? Simak pengertian, sejarah dan cara mudah menghafal sandi morse, selamat Hari Pramuka 14 Agustus 2022 .

Sandi morse adalah suatu sandi yang diterapkan dengan menggunakan sebuah sistem representasi huruf dan angka, serta tanda baca sinyal. Kemudian menggunakan sinyal simbol titik (.) dan garis (-) yang disusun sebagai karakter tertentu. Dalam sandi pramuka, kode morse ini dipelajari sebagai salah satu bentuk keterampilan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti berupa titik dan garis sebagai pengganti huruf, angka dan tanda baca yang dipakai pada pengiriman dan penerimaan berita telekomunikasi. Sandi ini dapat dikatakan sebagai suatu media yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi, meskipun dilakukan dengan cara yang terbilang tradisional.

Di awal kemunculannya, gambar sandi morse diperkirakan baru ada sekitar abad ke-20 atau di masa-masa telegraf mulai ditemukan. Karena itu sandi dan telegraf berbentuk morse dapat dibilang tak bisa dilepaskan, saat sandi atau kode dikirim lewat telegraf menjadi satu media komunikasi yang jangkauannya cukup luas dan cepat, hampir setiap kantor di seluruh dunia menggunakan telegraf.

Dikutip dari situs Sampoerna Academy, hingga munculnya penemuan telepon, penggunaan morse dan telegraf mulai berkurang karena banyak orang beralih ke telepon. Pada 1997, sandi atau kode morse tidak digunakan lagi sebagai modul komunikasi resmi Angkatan Laut Internasional. Sementara penggantinya adalah sistem GMDSS, dengan menggunakan gelombang radio, sistem GMDSS menggunakan satelit.

Cara menghapal sandi morse dengan metode koch
Cara menghapal sandi morse dengan metode koch pramukadiy.or.id

Sejarah Sandi Morse

Sandi Morse ditemukan oleh seorang seniman Amerika Serikat pada Tahun 1833, bernama Samuel F.B. Morse. Pada awalnya, sandi morse digunakan pada telegraf untuk memudahkan penyampaian pesan. Pengiriman pesan sebelumnya yang menggunakan sebuah kompas penunjuk angka dan huruf di telegraf dinilai tidak praktis.

Sandi morse dianggap lebih efektif karena bisa ditransmisikan ke dalam bentuk detak sinyal elektrik di telegraf, ataupun sinyal mekanik, serta bisa juga dalam bentuk visual, seperti cahaya. Jadi selain melalui telegraf, sandi morse banyak digunakan di berbagai media lain seperti senter, asap, dan lainnya. 

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah