China Mencekam! Presiden Xi Jinping Diisukan Tahanan Rumah, Merebak Kudeta Militer, Bandara Lumpuh, Benarkah?

- 25 September 2022, 20:20 WIB
Media sosial dihebohkan dengan isu kudeta terhadap Presiden China, Xi Jinping pada 24 hingga 25 September 2022. Simak faktanya.
Media sosial dihebohkan dengan isu kudeta terhadap Presiden China, Xi Jinping pada 24 hingga 25 September 2022. Simak faktanya. /Reuters

INDOTRENDS.ID - Muncul isu berseliweran di media sosiak menyebut Presiden China Xi Jinping kini tahanan rumah setelah merebak kabar kudeta militer di negeri tirai bambu.

Disebutkan, berbagai penerbangan dibatalkan karena kencangnya rumor kudeta militer terhadap Presiden China Xi Jinping.

Berdasar sejumlah postingan di media sosial, Xi Jinping telah dicopot sebagai kepala Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dan telah ditempatkan di bawah tahanan rumah.

Namun hingga kini, Partai Komunis China yang berkuasa di negara itu maupun media pemerintah belum memberikan konfirmasi resmi.

Padahal Xi Jinping belum lama ini menghadiri KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Uzbekistan, yang mana Ia menggelar pembicaraan dengan beberapa kepala negara lainnya termasuk dengan Perdana Menteri Narendra Modi untuk pertama kalinya sejak bentrokan perbatasan pada tahun 2020 membuat hubungan antara India dan China merenggang.

Mencuat unggahan pengguna Twitter memposting tentang dugaan tahanan rumah terhadap Xi Jin Ping. Beberapa ada klaim kudeta militer dan kendaraan PLA yang sudah mulai bergerak menuju ibu kota Beijing.

Di sisi lain sejumlah akun media sosial mengunggah bukti-bukti adanya isu kudeta dan kejanggalan yang terjadi di negara tirai bambu itu.

Ramai Rumor Xi Jinping Ditahan Usai Dikudeta Militer, Benarkah?
Ramai Rumor Xi Jinping Ditahan Usai Dikudeta Militer, Benarkah? Tangkapan layar YouTube Rocky Gerung Official

Unggahan itu tentang penerbangan China yang dibatalkan, sejumlah pejabat senior yang ditangkap, absennya Xi Jinping dalam beberapa acara kenegaraan, dan video iring-iringan kendaraan militer menuju ke markas Partai Komunis China di Beijing.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x