YA TUHAN! Mengapa Akhir-akhir Ini Sering Gempa di Jawa? Ini Penjelasan Ilmiahnya, BMKG: Tetap Tenang!

- 30 Januari 2023, 19:29 WIB
Mengapa akhir-akhir ini gempa sering mengguncang Jawa? Bahkan pada hari ini Senin 30 Januari gempa terjadi tiga kali beruntun, ada apa?
Mengapa akhir-akhir ini gempa sering mengguncang Jawa? Bahkan pada hari ini Senin 30 Januari gempa terjadi tiga kali beruntun, ada apa? /PRFM News

INDOTRENDS.ID - Mengapa akhir-akhir ini gempa sering mengguncang seputar Jawa? Bahkan pada hari ini Senin 30 Januari gempa terjadi tiga kali beruntun di Pantai Selatan Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Barat, pertanda apa?

Lantas sejauh mana potensi tsunami dan bahayanya terhadap keselamatan nyawa dan fisik bangunan gedung? 

"Masyarakat diimbau tetap tenang," bunyi pernyataan BMKG menanggapi gempa hari ini hingga tiga kali beruntun.  

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memang menganjurkan masyarakat tetap tenang atas gempa yang sering terjadi di laut selatan Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Barat dalam beberapa waktu terakhir termasuk hari ini. 

”Hari ini (30/1) sejak pagi hingga siang tercatat sebanyak tiga gempa yang terjadi di sekitar laut selatan Jateng-Jabar,” kata petugas BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara Hery Susanto Wibowo, Senin 30 Januari 2023 seperti dikutip Antara . 

Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi.

Serangkaian gempa hari ini di laut selatan Jateng-Jabar terpantau BMKG terjadi pertama jam 07.40 WIB dengan magnitudo 2,9 dengan titik gempa di 8,47 lintang selatan dan 109,12 bujur timur atau 83 kilometer tenggara Cilacap dengan kedalaman 34 kilometer.

Kemudian gempa hari ini yang kedua jam 09.27 WIB dengan magnitudo 2,6 yang berlokasi di 8,44 lintang selatan dan 108,89 bujur timur atau 80 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 10 kilometer.

Dan gempa hari ini yang ketiga dengan magnitudo 3,8 pada pukul 14.53 WIB yang berlokasi di 8,43 lintang selatan dan 108,91 bujur timur atau 78 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 22 kilometer.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x