Baru Terungkap! Mengapa Soeharto Pilih Dimakamkan di Lereng Gunung Lawu, Kok Bukan di Taman Makam Pahlawan?

- 3 Desember 2023, 08:59 WIB
Ini alasan Soeharto presiden kedua Republik Indonesia memilih dimakamkan di lereng Gunung Lawu Jawa Tengah, bukan di Taman Makam Pahlawan
Ini alasan Soeharto presiden kedua Republik Indonesia memilih dimakamkan di lereng Gunung Lawu Jawa Tengah, bukan di Taman Makam Pahlawan /Pikiran Rakyat

INDOTRENDS.ID - Baru Terungkap! Mengapa Soeharto Pilih Dimakamkan di Lereng Gunung Lawu, Kok Bukan di Taman Makam Pahlawan? Meninggal di usia 86 setelah berkuasa di era Orde Baru selama 32 tahun, banyak yang bertanya: Mengapa Soeharto tidak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta?

Ternyata lokasi pemakaman di Astana Giri Bangun Karanganyar Jawa Tengah, di lereng Gunung Lawu, adalah pilihan Soeharto sendiri. 

Seperti dikutip dari kanal YouTube @PojokHistory, Minggu, 3 November 2023, dalam sebuah video dijelaskan terkait alasan Soeharto ingin dimakamkan di lereng Gunung Lawu.

Unggahan di kanal YouTube tersebut mengungkapkan, salah satu alasan Soeharto meminta dimakamkan di lokasi tersebut karena sang istri, Soeharto. yakni bu Tien Soeharto adalah keturunan Mangkunegoro III.

Ziarah ke Makam Soeharto, Ketua MDI Jateng: Ini Wujud Bahwa Kita Tak Pernah Melupakan Sejarah
Ziarah ke Makam Soeharto, Ketua MDI Jateng: Ini Wujud Bahwa Kita Tak Pernah Melupakan Sejarah MDI Jateng

"Soeharto memilih dimakamkan di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 660 meter di atas permukaan laut," bunyi suara di kanal YouTube tersebut, seperti dikutip dari kanal YouTube @PojokHistory.

"Soeharto berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, namun sebelum meninggal ia sudah berpesan untuk dikebumikan di Astana Giri Bangun," sambungnya.

"Alasannya karena sang istri, Bu Tien Soeharto, adalah keturunan Mangkunegoro III salah satu pengusaha Mangkunegaran yang makamnya ada di Astana Mangadeg di atas Astana Giribangun," imbuhnya lagi.

Anggota DPR dari fraksi Gerindra Mulyadi, saat berziarah ke makam Soeharto dengan menggunakan batik.
Anggota DPR dari fraksi Gerindra Mulyadi, saat berziarah ke makam Soeharto dengan menggunakan batik.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x