Bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi untuk peningkatan kinerja berdasarkan observasi?

- 15 Mei 2024, 22:44 WIB
bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan rating observasi praktik kinerja dan hasil refleksi?
bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan rating observasi praktik kinerja dan hasil refleksi? /Antara/Auliya Rahman/

 

INDOTRENDS.ID - Bagaimana upaya yang bisa dilakukan guru mempelajari dan menguasai kompetensi untuk peningkatan kinerja? Simak Rekomendasi Jawabannya .....

Dalam proses atau tahapan Penilaian Praktik Kinerja Guru yang dilakukan kepala sekolah di Platform Merdeka Mengajar (PMM), muncul pertanyaan: bagaimana upaya guru mempelajari dan menguasai kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja berdasarkan rating observasi praktik kinerja dan hasil refleksi?

Jawaban atas pertanyaan ini penting untuk dijawab dengan tepat karena nantinya menjadi bahan refleksi guru dalam proses pembelajaran ke depannya. Seorang kepala sekolah harus mampu menyajikan jawaban yang jujur berdasarkan pengamatannya selama program observasi kelas berlangsung. Simak pertanyaan dan cara menjawabnya: 

Bagaimana Upaya yang Bisa Dilakukan Guru Mempelajari dan Menguasai Kompetensi untuk Peningkatan Kinerja?

Ilustrasi guru - Kunci jawaban soal PMM, Bagaimana Upaya yang Bisa Dilakukan Guru Mempelajari dan Menguasai Kompetensi untuk Peningkatan Kinerja?
Ilustrasi guru - Kunci jawaban soal PMM, Bagaimana Upaya yang Bisa Dilakukan Guru Mempelajari dan Menguasai Kompetensi untuk Peningkatan Kinerja?

Tentu saja pertanyaan ini diarahkan kepada kepala sekolah dalam kolom Penilaian Refleksi Tindak Lanjut PMM. Tersedia tiga opsi jawaban yang bisa dipilih, yakni:

  • Melakukan upaya tindak lanjut yang sudah disepakati
  • Mempraktikkan inspirasi dari upaya tindak lanjut yang telah dilakukan
  • Membagikan praktik baik hasil inspirasi dari upaya tindak lanjut

Silakan memilih salah satu opsi tersebut, lalu kepala sekolah diminta menjabarkan alasan dari pilihannya secara singkat. Kemudian kumpulkan penilaian Anda dengan klik ‘Kumpulkan’ apabila seluruh pertanyaan sudah dijawab.

Bila bermaksud meninjau ulang jawaban atau belum selesai melakukan penilaian, pilih menu ‘Simpan Draf’ dan lakukan pengisian di lain waktu.

Cara Mengisi Penilaian Praktik Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah di PMM

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah