Kunci Jawaban: Mengapa Perspektif Jaringan Rantai Pasokan dalam Manajemen Operasi Menjadi Lebih Penting?

- 28 Mei 2024, 06:20 WIB
Pembahasan lengkap, Mengapa perspektif jaringan rantai pasokan dalam manajemen operasi menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir?
Pembahasan lengkap, Mengapa perspektif jaringan rantai pasokan dalam manajemen operasi menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir? /

INDOTRENDS.ID - Inilah kunci jawaban soal: Mengapa perspektif jaringan rantai pasokan dalam manajemen operasi menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir?

Artikel ini menyajikan pembahasan dan uraian dari pertanyaan "Mengapa perspektif jaringan rantai pasokan dalam manajemen operasi menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir?"

Seperti diketahui, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, perspektif jaringan rantai pasokan (supply chain network) dalam manajemen operasi menjadi semakin penting karena beberapa alasan berikut:

Ilustrasi.- Pembahasan lengkap, Mengapa perspektif jaringan rantai pasokan dalam manajemen operasi menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir?
Ilustrasi.- Pembahasan lengkap, Mengapa perspektif jaringan rantai pasokan dalam manajemen operasi menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir? Pixabay/pexels

 

1. Globalisasi

Perusahaan-perusahaan semakin global dan memiliki operasi di berbagai negara. Hal ini membuat rantai pasokan menjadi lebih kompleks dan terjalin dengan banyak pihak, seperti pemasok, distributor, dan pelanggan di seluruh dunia. Perspektif jaringan rantai pasokan membantu perusahaan untuk memahami dan mengelola kompleksitas ini secara efektif.

2. Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi seperti internet, big data, dan artificial intelligence (AI) memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang rantai pasokan mereka dengan lebih mudah dan akurat. Hal ini membuka peluang baru untuk mengoptimalkan kinerja rantai pasokan dan meningkatkan efisiensi.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah