DAMPAK Gempa di Tokyo, Fukushima & Miyagi Jepang Magnitudo 7,1 Tak Berdampak Tsunami Tapi Dekat Reaktor Nuklir

- 14 Februari 2021, 07:41 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /Pixabay/Tumisu/

 

INDOTRENDS.ID - Dampak gempa di Tokyo, Fukushima & Miyagi Jepang, magnitudo 7,1 semalam, tak berdampak tsunami tapi dekat reaktor nuklir!

Gempa Bumi berkekuatan besar mengguncang Jepang pada Sabtu 13 Februari 2021 malam.

IndoTrends.id kutip dari Tasikmalaya.Pikiran-rakyat.com yang melansir Japan Times, pusat gempa yang melanda Jepang dilaporkan berada di lepas pantai Fukushima, dimana dekat dengan tiga reaktor nuklir.

Berdasarkan laporan dari layanan cuaca di Jepang, gempa yang terjadi di Jepang Timur tersebut berkekuatan magnitudo 7,1. Namun, belum ada peringatan bahaya Tsunami.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 11:08 waktu setempat mengguncang prefektur Miyagi dan Fukushima, selain itu guncangan juga dirasakan sampai ke Tokyo.

Sebagai tindakan pencegahan, warga yang berada di daerah pantai disarankan untuk berpindah menuju tempat yang lebih tinggi dikhawatirkan gempa susulan bisa terjadi. 

Belum ada laporan terkait kerusakan serius, namun pihak berwenang memperingatkan kepada warga agar tetap waspada terkait gempa susulan yang bisa saja terjadi.

Gempa yang terjadi di Jepang tersebut berada dalam situasi darurat Covid-19, dimana orang-orang sedang dalam bekerja dari rumah atau work from home serta menghindari keluar di malam hari. 

Saat ini juga Jepang telah bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade, sebelumnya berlangsung tahun 2020 diundur dan dijadwalkan digelar pada 23 Juli. 

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah