Menkes Budi Gunadi : Antibodi Masyarakat Capai 99.2 Persen Yang Berarti Indonesia Siap Gelar Mudik Lebaran

- 19 April 2022, 22:49 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin /Puspa Perwitasari/Antara

INDOTRENDS.ID - Seperti diketahui, tujuan awal digencarkannya vaksinasi covid-19 adalah untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Di Indonesia nampaknya tujuan ini sudah mulai menampakkan hasilnya, yang tercermin dari hasil survey yang disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Seperti diberitakan sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan hasil survey tentang antibodi Covid-19 masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Kemenhub Gelar MUDIK GRATIS Bagi Pesepeda Motor, Tidak Perlu Capek Naik Motor dari Jakarta, Duduk Manis Sampai

"Hasil survey menunjukkan kadar antibodi masyarakat Indonesia naik menjadi 99,2 persen, artinya 99,2 persen dari populasi masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi, itu bisa berasal dari vaksinasi maupun berasal dari infeksi," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual terkait hasil ratas PPKM, Senin (18/4/2022).

Selanjutnya Budi mengatakan, pihaknya juga melakukan pengukuran terhadap titer antibodi di masyarakat. Menurutnya, jika hasil sero survei pada bulan Desember menunjukkan bahwa titer antibodi berada di angka 500-600, pada Maret ini titer antibodi naik di angka 7.000-8.000.

Angka itu muncul berdasarkan hasil sero survei yang dilakukan Kementerian Kesehatan bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) terhadap 2.100 penduduk di Pulau Jawa pada Maret lalu.

Pandu Riono  Pakar Epidemiologi UI
Pandu Riono Pakar Epidemiologi UI Antara Foto/

Antibodi Covid-19 itu terbentuk dari orang yang sudah divaksinasi maupun telah pulih dari virus tersebut.

Halaman:

Editor: Rahman Dhani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x