APA Penyebab Perang Palestina vs Israel? Inilah Kronologi Sejarah Pemicu Konflik Israel-Palestina

- 21 Oktober 2023, 21:47 WIB
Kronologi dan sejarah panjang konflik Israel-Palestina, perang yang sudah berlangsung lebih dari 100 tahun
Kronologi dan sejarah panjang konflik Israel-Palestina, perang yang sudah berlangsung lebih dari 100 tahun /Pixabay

INDOTRENDS.ID - Apa Penyebab Perang Palestina vs Israel? Inilah Kronologi Sejarah Pemicu Konflik Israel-Palestina

Telah sejak lama kemelut perang Israel vs Palestina menjadi keprihatinan dunia. Karena perang tidak hanya membuat dua negara berkonflik panjang, tapi juga memicu kubu-kubuan sejumlah negara, ada yang mendukung Israel, sebagian menyokong Palestina.

Kedua negara sudah berkonflik selama 100 tahun lebih, tepatnya pada tanggal 2 November 1917.

Bahkan PBB pun turut terlibat dengan mengeluarkan berbagai resolusi untuk mengakhiri konflik namun solusi damai belum dapat dilaksanakan. Indonesia termasuk salah satu negara yang mendukung perdamaian dunia melalui penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Meski begitu, perang dan konflik kedua negara ini pun belum memiliki tanda-tanda kearah yang paling ideal, yaitu PERDAMAIAN. Konflik Israel-Palestina adalah salah satu konflik paling berkepanjangan dan paling kompleks di dunia modern.

Ini memiliki akar sejarah yang mendalam lebih dari satu abad dan terus mempengaruhi kehidupan jutaan orang di Timur Tengah. Untuk memahami ketegangan dan kekerasan yang sedang berlangsung di wilayah ini, kita harus melihat lebih dalam kepada faktor-faktor sejarah, politik, dan budaya yang telah berkontribusi pada konflik Israel-Palestina.

Tentara Israel membom pemukiman penduduk Gaza.
Tentara Israel membom pemukiman penduduk Gaza. Foto/Parstoday

Kronologi Konflik Israel Palestina

Dikutip dari channel YouTube History On Map, Akar konflik Israel-Palestina dapat ditelusuri kembali ke akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 ketika gerakan Zionisme, yang berusaha untuk membangun tanah air Yahudi, mulai mendapatkan momentum.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Teras Gorontalo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x