'Surat Kutukan' Albert Eistein Kepada Israel Kembali Gegerkan Dunia, Sang Ilmuwan Yahudi Sebut Israel Teroris

- 24 Oktober 2023, 08:08 WIB
Albert Einstein
Albert Einstein /Instagram.com/@alberteinstein

INDOTRENDS.ID - 'Surat Kutukan' Albert Eistein Kepada Israel Kembali Gegerkan Dunia, Sang Ilmuwan Yahudi Sebut Israel Teroris ...

Selain Israel, Albert Einstein menyebut Inggris juga paling bertanggungjawab bila terjadi kehancuran di Palestina akibat ulah Israel. Apa maksud Albert Einstein menyeret-nyeret Inggris ke polemik Palestina vs Israel ?

Di antara puing-puing bangunan dan mayat bergelimpangan di Gaza Palestina, peperangan juga terjadi di media sosial. Informasi dibalas informasi. Kedua pihak, baik Israel dan konco dari Barat, maupun para pembela Palestina saling serang menggunakan bukti audio, video, hingga narasi.

Terlepas dari masifnya pemberitaan mengenai kekejian Israel terhadap Palestina, masih banyak pihak yang memihak kepada pemerintahan yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Pasalnya, Israel dipercaya hanya 'membela diri' dari serangan 'teroris' bernama Hamas, partai yang memiliki pasukan militan dari Palestina.

Lebih dari 80 warga Palestina tewas, kebanyakan anak-anak, dalam serangan Israel yang menargetkan Jalur Gaza tengah kemarin malam.
Lebih dari 80 warga Palestina tewas, kebanyakan anak-anak, dalam serangan Israel yang menargetkan Jalur Gaza tengah kemarin malam.

Di tengah tumpang tindih informasi bersahut-sahutan tersebut, muncul dan viral kembali, surat ilmuwan dunia, Albert Einstein yang isinya menolak tegas untuk memberikan dukungan kepada Israel dalam upayanya mencaplok bangsa Arab di tanah Palestina.

Surat khusus ini ditulis Einstein kurang dari 24 jam setelah berita mengenai pembantaian Deir Yassin di Yerusalem Barat, pada bulan April 1948. Sekitar 120 teroris Israel dari Irgun Begin dan Geng Stern (dipimpin Yitzhak Shamir, teroris lain yang kemudian menjadi perdana menteri Israel), memasuki desa Palestina dan membantai antara 100 dan 250 pria, wanita, dan anak-anak.

Beberapa meninggal karena tembakan, lainnya diledakan oleh granat tangan yang dilempar ke rumah-rumah. Warga Palestina yang tinggal damai di desa itu dibunuh setelah digiring dalam parade mengerikan melalui Yerusalem Barat. Ada juga laporan pemerkosaan, penyiksaan, hingga mutilasi dalam tragedi tersebut.

Sekjen IUMS Ali Muhiuddin Tegas Mengatakan Peristiwa di Gaza Merupakan Aksi Genosida Terhadap Bangsa Palestina
Sekjen IUMS Ali Muhiuddin Tegas Mengatakan Peristiwa di Gaza Merupakan Aksi Genosida Terhadap Bangsa Palestina

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah