Amran Sulaiman dari Partai Apa? Profil Menteri Pertanian: Perusahaan & Kekayaannya, Berdarah Bangsawan Sulsel

- 25 Oktober 2023, 11:56 WIB
Inilah profil Andi Amran Sulaiman, yang resmi menjadi Menteri Pertanian (Mentan) untuk menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo
Inilah profil Andi Amran Sulaiman, yang resmi menjadi Menteri Pertanian (Mentan) untuk menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo /

INDOTRENDS.ID - Amran Sulaiman, Menteri Pertanian pengganti Syahrul Yasin Limpo, dari partai apa? Kalau Syahrul Yasin Limpo (yang sedang terjerat dugaan kasus korupsi) dari Partai Nasdem, Amran Sulaiman adalah menteri dari kalangan non partai atau profesional.

Andi Amran Sulaiman, pria berdarah bangsawan Raja Bone, sah menjabat Menteri Pertanian (Mentan) untuk menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpo yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi di Kementan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Amran ketika mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Dilantik Jokowi hari ini, Amran Sulaiman sebagaimana diketahui pernah menjabat sebagai Mentan pada kabinet Jokowi periode pertama (2014-2019).

Profil dan harta kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian gantikan Syahrul Yasin Limpo
Profil dan harta kekayaan Amran Sulaiman, Menteri Pertanian gantikan Syahrul Yasin Limpo

Profil Amran Sulaiman

Pria yang lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 27 April 1968 itu pernah bekerja di PTPN XIV. Dia bahkan sempat menjabat sebagai kepala bagian logistik di BUMN tersebut.

Setelah kariernya di PTPN, Amran membuat beragam inovasi di bidang pertanian sesuai dengan jurusan kuliahnya di Universitas Hasanuddin, Makassar. Amrah termasuk penemu sekaligus penerima hak paten alat empos tikus "Alpostran".

Sejak itu dia terus mengembangkan usaha dan melebarkan bidang bisnisnya yaitu produsen pestisida, perkebunan kelapa sawit, gula, tambang nikel, tambang emas, dan SPBU. Semua usahanya di bawah bendera Tiran Group. Pada September lalu, Amran bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta untuk berdiskusi isu ekonomi.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x