'Surat Untuk Amerika' Bikinan Osama Bin Laden 21 Tahun Lalu Bocor, Sosok Ini Disebut Teroris, Amerika Resah!

- 17 November 2023, 08:01 WIB
Sebuah surat yang ditulis 21 tahun lalu oleh Osama bin Laden (pendiri Al Qaeda) viral di TikTok dan kini menjadi tren.
Sebuah surat yang ditulis 21 tahun lalu oleh Osama bin Laden (pendiri Al Qaeda) viral di TikTok dan kini menjadi tren. /Dok.Reuters/

INDOTRENDS.ID - 'Surat Untuk Amerika' Bikinan Osama Bin Laden 21 Tahun Lalu Bocor, Sosok Ini Disebut Teroris, Amerika Resah! 

Meletusnya perang Israel vs Hamas Palestina yang dibumbui keberpihakan Amerika Serikat pada Israel, membuat dokumen 'A Letter to America' buata Osama Bin Laden kembali viral. Apalagi pendiri Al Qaeda itu menyebut sosok yang dia anggap sebagai teroris. 

'A Letter to America', Surat terbuka yang ditulis hanya setahun setelah serangan 11 September 2001 itu, diterbitkan oleh Guardian pada 2002 tetapi dihapus tanggal 15 November 2023, setelah tren reaction to 'a Letter to America' mulai menggila di TikTok.

Hal ini pada akhirnya menjadi kontra-produktif. Pencabutan artikel dari situs The Guardian dikatakan telah meningkatkan minat terhadap surat Osama dan videonya.

Pesan The Guardian berbunyi: "Halaman ini sebelumnya menampilkan dokumen yang berisi, dalam terjemahan, teks lengkap "a Letter to America" Osama bin Laden."

Tragedi 11 September 2001 di Gedung WTC, New York, Amerika Serikat
Tragedi 11 September 2001 di Gedung WTC, New York, Amerika Serikat

Tidak disebutkan alasan apa pun atas penghapusan dokumen tersebut.

Dengan ribuan pengguna TikTok yang membuat dan membagikan klip mereka dalam satu hari, video surat Osama kini telah menjadi viral di semua platform media sosial.

Orang-orang menyebutnya "tsunami TikTok PsyOp" dan mengungkapkan betapa terkejutnya mereka karena Gen Z "memuji manifesto" yang membenarkan pembunuhan kurang lebih 3.000 warga sipil oleh Al Qaeda.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x