Sulsel 'Pecah Jadi Dua' Provinsi Bugis Timur Memimpin Kabupaten Wajo, Bone, Soppeng, Sidenreng Rappang, Sinjai

- 28 Juni 2024, 09:00 WIB
Di tengah masyarakat Sulawesi Selatan muncul wacana pembentukan Provinsi lagi bentuk dari pemekaran.  Namanya Provinsi Bugis Timur
Di tengah masyarakat Sulawesi Selatan muncul wacana pembentukan Provinsi lagi bentuk dari pemekaran. Namanya Provinsi Bugis Timur /Instagram /

INDOTRENDS.ID - 'Cerai' dari Sulsel, Provinsi Bugis Timur Memimpin Kabupaten Wajo, Bone, Soppeng, Sidenreng Rappang, Sinjai.

Sedang kencang beredar kabar Provinsi Sulawesi Selatan pecah jadi dua, dengan wacana berdirinya provinsi baru yakni Provinsi Bugis Timur yang membawahi Kabupaten Wajo, Bone, Soppeng, Sidenreng Rappang, Sinjai.

5 Kabupaten tersebut rinciannya yaitu Kabupaten Wajo, Bone, Soppeng, Sidenreng Rappang, dan Sinjai dengan total luas wilayahnya adalah 11.300,79 km² atau 24% luas Sulawesi Selatan.

Provinsi baru Bugis Timur hampir setara Provinsi Gorontalo jika digabung penduduk kabupaten tahun 2020 memiliki penduduk sekitar 2 juta jiwa atau 22% penduduk Sulawesi Selatan.

Secara demografi wilayah Bugis Timur terdiri dari Suku Bugis, Jawa, Tionghoa dan lain-lain.

Sedangkan agama atau keyakinan yang dianut masyarakat adalah Islam, Kristen, Budha, Konghucu dengan hasil pertanian seperti padi palawija dan kakao juga potensial terhadap sumber daya perikanan dan peternakan.

Mengapa muncul wacana wilayah Provinsi Bugis Timur?

Tentu tak lepas dari fasilitas dan infrastruktur yang memadai walau masih belum sepenuhnya berstandar provinsi baru. Telah ada bandara yaitu bandara Aru Palaka dan beberapa Pelabuhan seperti Siwa dan Bajoe.

Adapun ibukota Provinsi Bugis Timur direncanakan di Sengkang Watampone atau Pompanua.

Halaman:

Editor: Arumi Razeta


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah