5 Kabupaten Terluas di Jawa Timur: Banyuwangi, Malang, Jember, Bojonegoro, Sumenep, Layak Jadi Provinsi Baru?

- 1 Juli 2024, 12:00 WIB
Peta Provinsi Jawa Timur
Peta Provinsi Jawa Timur /

INDOTRENDS.ID - 5 Kabupaten Terluas di Jawa Timur: Banyuwangi, Malang, Jember, Bojonegoro, Sumenep, Layak Jadi Provinsi Baru? 

1. Kabupaten Jember
Kabupaten Jember berada di wilayah tapal kuda, terbagi menjadi 31 kecamatan terdiri atas 28 kecamatan dengan 226 desa dan 3 Kecamatan dengan 22 Kelurahan.

Dulunya, Jember mempunyai kota administratif tetapi sejak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus sehingga kota administratif Jember kembali menjadi bagian dari Kabupaten Jember.

2. Kabupaten Bojonegoro
Kabupaten Bojonegoro berbatasan langsung dengan Lima Kabupaten yaitu di bagian utara dengan Kabupaten Tuban di bagian timur dengan Kabupaten Lamongan di bagian Selatan dengan Kabupaten Nganjuk Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ngawi.

Sedangkan di bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Blora sebagai gerbang masuk utama Jawa Timur dari arah Barat.

Pada sisi barat Bojonegoro merupakan bagian dari blok Cepu salah satu sumber deposit minyak bumi utama di Indonesia per sensus penduduk tahun 2020 jumlah penduduk Kabupaten Bojonegoro berjumlah kurang lebih 1.345.689.

3. Kabupaten Sumenep
Kabupaten Sumenep dengan wilayah yang cukup luas dan potensi daerah yang besar, disebut-sebut layak jadi provinsi baru, apalagi sebagai penghasil minyak dan gas bumi di Madura saat ini

Setidaknya 8 perusahaan minyak yang melakukan eksplorasi minyak dan dua perusahaan yang masih melakukan eksplorasi daerah ini juga termasuk ke dalam 50 daerah terkaya di Indonesia.

4. Kabupaten Banyuwangi
Kabupaten Banyuwangi terletak di ujung paling timur pulau Jawa di kawasan Tapal Kuda serta wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah