Ironi AS ke Gaza vs Ukraina, Pasok Senjata ke Ukraina Buat Bertahan, Jual Senjata ke Israel untuk Menyerang

- 11 Februari 2024, 12:50 WIB
Ilustrasi - Anak-anak pengungsi Gaza sedang antri untuk mendapatkan bantuan makanan di Rafah, Gaza Selatan.
Ilustrasi - Anak-anak pengungsi Gaza sedang antri untuk mendapatkan bantuan makanan di Rafah, Gaza Selatan. /Hatem Ali

INDOTRENDS.ID - Inilah ketidakadilan dan ironi yang dipertontonkan Amerika Serikat (AS) pada Gaza Palestina dibanding kepada Ukraina.

Di satu sisi AS memasok senjata ke Ukraina untuk posisi bertahan dari gempuran Rusia di bawah pimpinan Vladimir Putin.

Tapi di sisi lain AS dan sekutunya memasok senjata Israel untuk kebutuhan menyerang dan memporakporandakan Gaza, Palestina.   

Di dalam hukum internasional, tidak ada kesalahan: pendudukan Rusia pada negara tetangganya, Ukraina adalah tindakan ilegal, sama seperti pendudukan Israel pada negara tetangganya, Palestina adalah tindakan ilegal.

PBB telah mengecam keduanya berulang kali. Keduanya seharusnya mendapatkan kecaman yang sama dari Barat, yang menganut sistem ‘rules-based order’.

Akan tetapi, mereka tidak melakukannya. Di satu sisi, Amerika dan Uni Eropa membela negara yang diserang, dan di sisi lain mereka bersama negara yang menyerang.

Sejak awal perang di Ukraina, Eropa telah membuka pintunya bagi jutaan pengungsi Ukraina, menunjukkan tingkat keramahan yang akan mengejutkan para pengungsi dari Irak, Suriah, dan Afganistan.

‘[Orang Ukraina] sangatlah mirip dengan kita’ tulis seorang komentator Inggris. [Mereka] menonton Netflix dan memiliki akun Instagram, memberikan suaranya pada pemilihan umum, dan membaca koran’.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x