PERTALITE dan SOLAR Segera NAIK HARGA, Rakyat Kecil akan Semakin Nelangsa Menjerit

- 14 April 2022, 23:20 WIB
Petugas SPBU melayani pembelian pertalite dan solar jelang naik harga
Petugas SPBU melayani pembelian pertalite dan solar jelang naik harga /Antara/M Agung Rajasa/

INDOTRENDS.ID - Gejolak yang terjadi akibat kenaikan harga pertamax belum juga surut, kini semakin santer berita tentang rencana kenaikan harga BBM yang lain yaitu solar dan pertalite.

Padahal solar dan pertalite merupakan bahan bakar yang menjadi simbol rakyat kecil, karena sebagian besar rakyat kecil menggunakan BBM jenis ini menyusul hilangnya premium dari peredaran.

Dengan menaikkan harga jenis BBM rakyat ini berarti pemerintah dengan sangat sadar akan semakin membebani rakyat kecil dengan harga-harga barang lain yang seperti biasanya juga akan semakin melambung tinggi.

Petani, tukang sayur keliling, nelayan dengan mesin tempelnya, driver ojol, buruh pabrik dan masih banyak profesi yang harus bersentuhan dengan bahan bakar, akan semakin nelangsa. Omset belum tentu naik karena daya beli turun, tapi biaya operasional sudah pasti akan mengalami kenaikan.

Wacana kenaikan dua jenis bahan bakar minyak (BBM), solar dan pertalite membuat negara dianggap tidak mampu lagi memberikan bantuan kepada pemerintah.

Selama ini, solar dan pertalite dijual dengan harga subsidi yang membantu meringankan beban masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah.

Namun, harga subsidi tersebut kini dikabarkan sebentar lagi tidak bisa lagi didapatkan rakyat.

Pasalnya, menteri ESDM, Arifin Tasrif memberikan sinyal jika harga solar dan pertalite akan naik.

Harga subsidi pertalite yaitu Rp7.650, sementara itu untuk solar Rp5.150.

Halaman:

Editor: Rahman Dhani

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x