Sering Dilanggar Jemaah Haji Indonesia, Ini Larangan di Masjid Nabawi, Termasuk Bentangkan Spanduk

- 10 Juni 2022, 16:24 WIB
Sejumlah hal dilarang dilakukan di Masjid Nabawai, Madinah, oleh para calon haji. Namun, larangan-larangan itu banyak dilakukan jemaah calon haji asal Indonesia.
Sejumlah hal dilarang dilakukan di Masjid Nabawai, Madinah, oleh para calon haji. Namun, larangan-larangan itu banyak dilakukan jemaah calon haji asal Indonesia. /Pixabay.com/jakman1

INDOTRENDS.ID - Tak sadar sering dilanggar para jemaah haji asal Indonesia ketika di Masjid Nabawi di Madinah, apa saja?

Salah satunya adalah bergerombol dan berkumpul rame-rame di Masjid Nabawi.

Tak cukup bergerombol, jemaah haji asal Indonesia kerap membentangkan spanduk kelompok mereka langsung berfoto bareng.

Itu baru contoh pelanggaran yang paling sering terulang, apalagi bila sampai berisik dan menganggu aktivitas jemaah lainnya dalam berdoa di Masjid Nabawi. Apalagi pelanggaran paling sering lainnya?

Sejumlah hal dilarang dilakukan di Masjid Nabawai, Madinah, oleh para calon haji. Namun, larangan-larangan itu banyak dilakukan jemaah calon haji asal Indonesia.

Pertama, para calon haji dilarang berfoto bersama sambil membentangkan spanduk di Masjid Nabawi. Mereka juga dilarang berkumpul bersama dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga: Musim Haji 1443 H Sebentar Lagi, Begini Urutan dan Tata Cara Prosesi Ibadah Haji yang Benar Sesuai Syariat

“Ketua Daker, sekretaris, dan saya telah bertemu dengan pemimpin kepolisian setempat. Intinya kami diterima dengan baik oleh mereka. Mereka menyampaikan beberapa hal yang dilarang dilakukan oleh jemaah selama berada di Masjid Nabawi. Jemaah harus tahu betul larangan di sana,” kata Kepala Seksi Perlindungan Jamaah (Linjam) Daker Madinah Harun Al Rasyid, di Kantor Daker Madinah, Jumat, 10 Juni 2022.

Ketiga, selain membentangkan spanduk dan atribut lainnya seperti bendera, hal lainnya yang juga dilarang adalah membuang sampah sembarangan di sekitaran masjid.

Halaman:

Editor: Arumi Razeta

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah