KUNCI JAWABAN PKN Kelas 8 Hal 79 Tabel 4.2 Perjuangan Pahlawan Indonesia: Imam Bonjol, Diponegoro, Pattimura

- 12 Januari 2023, 08:12 WIB
kunci jawaban lengkap soal-soal Pendidikan Kewarganegaraan atau PKN kelas 8 halaman 79 tabel 4.2 tentang perjuangan pahlawan Indonesia
kunci jawaban lengkap soal-soal Pendidikan Kewarganegaraan atau PKN kelas 8 halaman 79 tabel 4.2 tentang perjuangan pahlawan Indonesia /Pikiran Rakyat/Yusuf Wijanarko/

INDOTRENDS.ID - Ayo semangat belajar! Ini kunci jawaban lengkap soal-soal Pendidikan Kewarganegaraan atau PKN kelas 8 halaman 79 tabel 4.2 tentang perjuangan pahlawan Indonesia, dari Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro hingga Pattimura.

Pelajari bocorankunci jawaban lengkap soal PKN kelas 8 halaman 79 dan pemaparan yang bisa dijadikan untuk referensi belajar peserta didik berikut ini:

Aktivitas 4.1
Setelah memahami selintas tentang perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908, pelajari lebih jauh tentang perjuangan pahlawan nasional yang berjuang sebelum tahun 1908 dengan mengisi tabel di bawah ini.

Tabel 4.2 Pahlawan Nasional

Aspek Informasi.
Uraian.

kunci Jawaban:

1. Sultan Hasanuddin
Ketika Sultan Hasanuddin naik tahta, Belanda tengah gencar untuk memperluas daerah jajahannya ke Indonesia Timur. Ketika itu, Belanda ingin memonopoli seluruh perdagangan di Indonesia Timur termasuk Kerajaan Gowa.

Ketika itu , Kerajaan Gowa merupakan kerajaan terbesar dan terhebat di Indonesia Timur. Bahkan rakyatnya mampu karena dapat melakukan perdagangan dengan bangsa-bangsa di luar negeri.

Itu jadi pemicu terjadinya perang antara Belanda dan Kerajaan Gowa. Awalnya Belanda kesulitan karena Sultan Hasanudin berhasil mempersatukan kerajaan-kerajaan kecil di Sulawesi untuk melawan Belanda. Tetapi, karena kesalahan peralatan Sultan Hasanuddin dikalahkan dan meninggal pada 16 Juni 1670.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x