PERINGATAN! Titik-titik Wilayah Zona Merah Rawan Gempa di Jabar, Bey Machmudin: Jangan Panik Tapi Waspada!

- 7 Januari 2024, 08:01 WIB
PJ Gubernur Jawab minta masyarakat waspada mengantisipasi gempa bumi yang mengguncang sejumlah daerah di Jabar dalm beberapa hari terakhir.
PJ Gubernur Jawab minta masyarakat waspada mengantisipasi gempa bumi yang mengguncang sejumlah daerah di Jabar dalm beberapa hari terakhir. /

INDOTRENDS.ID - Peringatan dini! Terungkap titik-titik wilayah zona merah rawan gempa di Jawa Barat.

Bey T Machmudin, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat meminta masyarakat yang tinggal di wilayah titik-titik rawan gempa tidak perlu panik tapi yang jauh lebih penting adalah waspada dan siaga kemungkinan potensi gempa.

Seruan kewaspadaan disampaikan menyusul gempa di Sumedang, disusul guncangan dengan skala kecil pun terjadi di beberapa daerah seperti Garut dan Pangandaran.

Peta mitigasi bencana

Bey menuturkan, Pemda Provinsi Jabar dan BMKG sudah membuat peta mitigasi bencana. Ada beberapa wilayah di Jabar yang masuk zona merah atau rawan gempa.

"Petanya sudah disusun. Ada yang merah (wilayahnya) kan segala macam. Artinya apa? Artinya kita yang tinggal di Jawa Barat ini harus waspada, tidak perlu panik tapi waspada, dan juga struktur bangunan harus menyesuaikan dengan kondisi," ucap Bey usai menghadiri rapat paripurna di Kantor DPRD Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung pada Kamis 4 Januari 2024.

Foto udara Gunung Batu yang merupakan bagian dari Sesar Lembang di Pasirwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Minggu, 7 Maret 2021.
Foto udara Gunung Batu yang merupakan bagian dari Sesar Lembang di Pasirwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Minggu, 7 Maret 2021.

Selain itu, Bey pun mengingatkan Pemda Kota dan Kabupaten di Jabar untuk mengecek ulang konstruksi rumah dan gedung. Tujuannya agar struktur dan bangunan disesuaikan dengan kondisi mitigasi bencana.

"Kami dengan Pemkot dan Pemkab mengingatkan untuk mengecek ulang minimal seperti di Sumedang ini pembangunan yang rumah-rumah besar akan menyesuaikan dengan strukturnya," tuturnya.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x