CONTOH Ketidakadilan Amerika pada Gaza dan Ukraina Makin Brutal, Bekingi Israel, Tutup Mata ke Palestina

- 12 Februari 2024, 20:00 WIB
Situasi kemanusiaan di Gaza Utara semakin memburuk dengan meningkatnya kelaparan yang disebabkan oleh serangan Israel dan dukungan AS.
Situasi kemanusiaan di Gaza Utara semakin memburuk dengan meningkatnya kelaparan yang disebabkan oleh serangan Israel dan dukungan AS. /Foto/Quds Press

INDOTRENDS.ID - Inilah contoh ketidakadilan Amerika pada Gaza dan Ukraina Makin Brutal, Bekingi Israel, Tutup Mata ke Palestina, kecaman standar ganda makin bergema .

Pada satu sisi AS memasok senjata ke Ukraina untuk posisi bertahan dari gempuran Rusia di bawah pimpinan Vladimir Putin.

Namun di sisi lain AS dan sekutunya memasok senjata Israel untuk kebutuhan menyerang dan memporakporandakan Gaza, Palestina.   

Di dalam hukum internasional, tidak ada kesalahan: pendudukan Rusia pada negara tetangganya, Ukraina adalah tindakan ilegal, sama seperti pendudukan Israel pada negara tetangganya, Palestina adalah tindakan ilegal.

PBB telah mengecam keduanya berulang kali. Keduanya seharusnya mendapatkan kecaman yang sama dari Barat, yang menganut sistem ‘rules-based order’.

Akan tetapi, mereka tidak melakukannya. Di satu sisi, Amerika dan Uni Eropa membela negara yang diserang, dan di sisi lain mereka bersama negara yang menyerang.

Sejak awal perang di Ukraina, Eropa telah membuka pintunya bagi jutaan pengungsi Ukraina, menunjukkan tingkat keramahan yang akan mengejutkan para pengungsi dari Irak, Suriah, dan Afganistan.

‘[Orang Ukraina] sangatlah mirip dengan kita’ tulis seorang komentator Inggris. [Mereka] menonton Netflix dan memiliki akun Instagram, memberikan suaranya pada pemilihan umum, dan membaca koran’.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: PIKIRAN ACEH


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x