Saat Amerika Marah pada Rusia, Putin Bilang Ke Jokowi, Dia Mau Hadir di KTT G20 di Bali: Jangan Dengerin Barat

- 23 Maret 2022, 18:08 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah kesempatan
Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah kesempatan /Dok Kedubes Rusia /

INDOTRENDS.ID - Ketika Amerika Serikat dan NATO sedang marah pada Rusia gara-gara serangan ke Ukraina, Vladimir Putin justru ungkapkan keinginan untuk hadir di KTT G20 di Bali, Oktober 2022 mendatang.

Vladimir Putin merasa Rusia dan Indonesia sejauh ini masih bersahabat baik, tidak ada hal yang mengganggu.

Karena itu, Putin meminta Presiden Indonesia Joko Widodo tidak terpengaruh dengan bisikan-bisikan dari pemimpin negara-negara barat soal keinginannya hadir di KTT G20 di Bali.

Putin mendukung penuh dan ikut merasa senang Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkap keinginannya tersebut lewat Duta Besar Rusia untuk Indonesia di Jakarta, Lyudmila Vorobieva . 

Dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Rabu 23 Maret 2022, Lyudmila Vorobieva menitipkan pesan dari Vladimir Putin bahwa Rusia dan Indonesia sejauh ini hubungannya masih baik.

Vorobieva mengatakan, kehadiran Vladimir Putin akan ditentukan setelah mempertimbangkan berbagai hal, salah satunya situasi Covid-19.

“Kehadiran Vladimir Putin akan ditentukan oleh banyak hal, termasuk situasi Covid-19 yang saat ini kian membaik. Namun, ya, hingga saat ini Vladimir Putin ingin hadir,” ujarnya seperti dikutip Antara, Rabu 23 Maret 2022.

Statemen Vorobieva terlontar usai sejumlah negara anggota G20 menyerukan agar Rusia tidak diikutsertakan dalam keanggotaan G20. Desakan itu muncul setelah Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x