6 Cara Cepat Menyelamatkan Diri Ketika Gempa, Demi Nyawa, Jangan Buru-buru Lari Keluar Rumah!

- 21 November 2022, 20:20 WIB
Gempa dahsyat menimpa Cianjur, PMI mengiformasikan ada 40 anak meninggal akibat gempa itu.
Gempa dahsyat menimpa Cianjur, PMI mengiformasikan ada 40 anak meninggal akibat gempa itu. /

INDOTRENDS.ID - Inilah enam cara menyelamatkan diri saat tiba-tiba terjadi gempa. Kuncinya jangan panik! 

Ketika terjadi gempa, cepat-cepatlah bersembunyi di kolong tempat tidur atau di bawah kolong meja, atau titik-titik lain di dalam rumah atau gedung yang bisa melindungi kepala dan badan dari kejatuhan reruntuhan puing. 

Itu baru satu contoh, berikut selengkapnya enam cara menyelamatkan diri ketika tiba-tiba terjadi gempa bumi:  

1. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Secara Umum

Terdapat cara dasar untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi. Saat terjadi gempa, cara terbaik untuk menyelamatkan diri adalah dengan metode drop, cover, hold on. Dengan kata lain, saat terjadi gempa Anda harus menurunkan posisi tubuh yang lebih rendah, mencari penutup kepala dan leher, dan tetap berada dan berlindung di tempat tersebut hingga gempa berhenti. Berikut penjelasannya:

a. Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam Anda. Posisi ini dapat melindungi Anda dari jatuh dan tetap memungkinkan Anda untuk bergerak jika perlu.

b. Cari penutup kepala dan leher (dan seluruh tubuh Anda jika memungkinkan) yaitu di bawah meja atau meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berlindung di dekat Anda, bergeraklah menuju dinding bagian dalam atau di samping furnitur posisi rendah yang tidak akan menimpa Anda, dan tutupi kepala dan leher Anda dengan lengan dan tangan.

c. Tetap berlindung di tempat sampai guncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dari tempat berlindung Anda jika guncangan membuatnya bergeser atau rusak.

2. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Apabila Berada di Dalam Rumah

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x