Amerika Makin Tersudut di PBB, Rusia Kutuk Keras Dukungan AS ke Israel Genosida di Gaza: AS Salahgunakan Veto

- 16 Desember 2023, 06:46 WIB
Rusia dinilai senang dan puas menyaksikan Amerika Serikat (AS) dikucilkan di Dewan Keamanan PBB usai AS deklarasikan dukungan bagi Israel
Rusia dinilai senang dan puas menyaksikan Amerika Serikat (AS) dikucilkan di Dewan Keamanan PBB usai AS deklarasikan dukungan bagi Israel /Anadolu/

INDOTRENDS.ID - Amerika Makin Tersudut di PBB, Rusia Kutuk Keras Dukungan AS ke Israel Genosida di Gaza, Palestina.

Rusia menyebut Amerika Serikat menyalahgunakan hak veto di PBB untuk merestui pembantaian etnis di Gaza. 

Karena itu, Rusia bersyukur AS kini semakin terkucil di PBB, karena mayoritas negara anggota PBB menyerukan penghentian perang Israel - Hamas, dan AS hanya bagian kecil yang masih mendukung genosida. 

Pengucilan semakin bereskalasi setelah AS memanfaatkan hak vetonya untuk membatalkan resolusi gencatan senjata di Gaza. Sekian lama dikucilkan lantaran melakukan agresi militer di Ukraina, Rusia senang AS sebagai 'pihak ketiga' yang campuri perangnya kini ibarat terkena karma.

Presiden AS tekan Israel untuk mengurangi intensitas perang melawan Hamas dan melindungi warga sipil di Gaza/Reuters
Presiden AS tekan Israel untuk mengurangi intensitas perang melawan Hamas dan melindungi warga sipil di Gaza/Reuters

Amerika Serikat mengalami nasib serupa Rusia, sebagai konsekuensi dukungannya terhadap Israel dan perangnya melawan Hamas di Jalur Gaza.

Dalam pengambilan keputusan resolusi gencatan senjata di Gaza, Selasa, 12 Desember 2023, 153 dari 193 anggota Majelis Umum PBB memberikan vote setuju gencatan senjata. 

Amerika Serikat, Israel, dan delapan negara lainnya memilih tidak setuju, sedangkan 23 negara anggota PBB memutuskan untuk tidak memberikan suara alias abstain.

Tak hanya menolak, AS bahkan memveto resolusi tersebut sehingga usulan otomatis batal begitu saja, meski sepertiga forum mendukung gencatan senjata segera di Palestina.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x