Seberapa Daya Rusak Sesar Lembang Ketika Gempa? Ini Daftar Kecamatan di Bandung Tertinggi & Terendah Risiko

- 6 Januari 2024, 20:53 WIB
Peta Bahaya Sesar Lembang: Daftar Kecamatan di Bandung Raya yang Akan Selamat Jika Gempa Terjadi
Peta Bahaya Sesar Lembang: Daftar Kecamatan di Bandung Raya yang Akan Selamat Jika Gempa Terjadi /

INDOTRENDS.ID - Seberapa bahaya daya rusak Sesar Lembang di Bandung Raya ketika terjadi gempa bumi? Inilah daftar kecamatan di kawasan Bandung Raya yang tertinggi hingga terendah risiko atas keberadaan Sesar Lembang di perut bumi ketika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi.

Cek, apakah tempat tinggal Anda masuk dalam kawasan yang tertinggi atau terendah risiko atas keberadaan Sesar Lembang. 

Topik tentang risiko Sesar Lembang mengemuka setelah wilayah Bandung Raya merasakan guncangan gempa yang melanda kawasan Sumedang. Getaran gempa yang melanda Sumedang sebanyak 3 kali pada 31 Desember 2023 lalu dicemaskan bisa memicu aktifnya Sesar Lembang.

Sesar Lembang, patahan geser aktif yang melintasi Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menjadi fokus perhatian terkait potensi gempa. Patahan ini memiliki pertemuan dengan Sesar Cimandiri di Padalarang dan membentang sepanjang 29 kilometer dari Padalarang hingga Jatinangor.

Baca Juga: Waspada! Lembang, Cisarua, Parongpong, Ngamprah, Cimahi Utara, 5 Kecamatan Rawan Gempa karena Sesar Lembang

Sesar Lembang bisa picu terjadinya bencana besar. Ini daftar daerah aman dan wilayah di Kabupaten Bandung yang berpotensi alami gempa. Simak cara selamatkan diri saat gempa terjadi.
Sesar Lembang bisa picu terjadinya bencana besar. Ini daftar daerah aman dan wilayah di Kabupaten Bandung yang berpotensi alami gempa. Simak cara selamatkan diri saat gempa terjadi. Rika Widiastuti/Seputarlampung.com

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sesar Lembang memiliki potensi menyebabkan gempa berkekuatan antara 6,8 hingga 7 pada Skala Magnitudo. Terbagi menjadi dua segmen, yakni Segmen Barat dan Segmen Timur, Sesar Lembang menimbulkan gempa dengan skala yang bervariasi.

Pergerakan Sesar Lembang mencapai 3 hingga 6 milimeter/tahun, meskipun segmen-segmen patahan memiliki pergerakan tersendiri, menciptakan ketidaksempurnaan dalam pergerakan keseluruhan. Kecepatan pergerakan yang selalu berubah-ubah.

Peta Bahaya Gempa Sesar Lembang di Bandung Raya

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x