Waspada! Lembang, Cisarua, Parongpong, Ngamprah, Cimahi Utara, 5 Kecamatan Rawan Gempa karena Sesar Lembang

- 6 Januari 2024, 21:07 WIB
Berikut ini 5 kecamatan yang termasuk zona merah Sesar Lembang berdasarkan hasil overlay peta PGA dengan peta permukiman.
Berikut ini 5 kecamatan yang termasuk zona merah Sesar Lembang berdasarkan hasil overlay peta PGA dengan peta permukiman. /Rika Widiastuti/Seputarlampung.com

INDOTRENDS.ID - Waspada! Lembang, Cisarua, Parongpong, Ngamprah, Cimahi Utara, adalah lima kecamatan dengan kerawanan tinggi intensitas gempa karena keberadaan Sesar Lembang.

Kelima kecamatan berada di lokasi Sesar Lembang dan berada pada zona merah atau zona dengan intensitas gempa paling kuat.

Peringatan kewaspadaan mengemuka khususnya Bandung Raya, setelah serangkaian gempa mengguncang Sumedang, Jawa Barat sejak Minggu, 31 Desember 2023 lalu.

Seperti dilansir dari hasil penelitian Puslit Geoteknologi, LIPI (2008), bertajuk Identifikasi Daerah Rawan Gempa Berbasis SIG di Daerah Lembang dan Sekitarnya, jalur Sesar Lembang memiliki lima zona merah dengan risiko intensitas gempa dahsyat.

Kelimanya diketahui dari hasil peta percepatan tanah maksimum Peak Ground Acceleration (PGA) yang diperoleh dalam studi. Peta diperoleh dengan asumsi sumber gempa adalah Sesar Lembang di daerah Maribaya dengan magnituda 6.

Baca Juga: Seberapa Daya Rusak Sesar Lembang Ketika Gempa? Ini Daftar Kecamatan di Bandung Tertinggi & Terendah Risiko

Jalur Sesar Lembang
Jalur Sesar Lembang

Daerah penelitian dikelompokkan ke dalam lima besaran PGA di mana Lembang berada pada zona dengan nilai percepatan paling tinggi. Faktor yang paling berpengaruh ialah jarak dari sumber gempa yang sangat dekat.

Lima zona PGA mengindikasikan besaran percepatan tanah yang mungkin terjadi, jika suatu waktu ada gempa yang disebabkan aktifitas di Sesar Lembang.

Halaman:

Editor: Dian Toro

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x