Apa Tema Hari Bahasa Isyarat Internasional 23 September 2022 Hari Ini? Simak Makna Tema dan Sejarahnya

- 23 September 2022, 07:46 WIB
Hari Bahasa Isyarat Internasional diperingati setiap tanggal 23 September. Bahasa ini adalah alat komunikasi bagi kelompok tunarungu
Hari Bahasa Isyarat Internasional diperingati setiap tanggal 23 September. Bahasa ini adalah alat komunikasi bagi kelompok tunarungu /Dids/Pexels

INDOTRENDS.ID - Apa tema Hari Bahasa Isyarat Internasional hari ini Jumat 23 September 2022? Simak sejarah lengkap Hari Bahasa Isyarat Internasional 23 September

Ya, tiap tanggal 23 September diperingati setiap tahun di seluruh dunia sebagai pelestarian bahasa isyarat bagi kelompok tunarungu atau tuli.

Dikutip dari situs Federasi Tunarungu Dunia (World Federation of The Deaf), tema peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional 2022 adalah "Sign Languages Unite Us" atau "Bahasa Isyarat Persatukan Kita".

Adapun makna tema Hari Bahasa Isyarat Internasional 2022 adalah ajang promosi berbagai bahasa isyarat di seluruh dunia sekaligus sebagai dukungan kesetaraan hak asasi manusia kepada komunitas orang tuli atau tunarungu.

Peringatan Hari Bahasa Isyarat ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya bahasa isyarat dalam mewujudkan hak asasi manusia bagi semua kalangan, termasuk bagi disabilitas rungu.

Sejarah Hari Bahasa Isyarat

Hari Bahasa Isyarat Internasional dirayakan pertama kali pada 23 September 2018. Ini berdasarkan nilai sejarah berdirinya Federasi Tuli Sedunia (World Federation of The Deaf/WFD) yang didirikan pada tanggal sama pada 1951.

Bahasa isyarat adalah bahasa yang menyampaikan makna secara visual. Tidak jelas berapa banyak dari bahasa-bahasa yang ada di seluruh dunia.

Umumnya, setiap negara memiliki bahasa isyarat asli sendiri. Bahkan, beberapa negara memiliki lebih dari satu.

Halaman:

Editor: Dian Toro


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x