Khasiat Vaksin AstraZeneca dan BioNTech Pfizer Ternyata Memudar Dalam 6 Bulan, Maka Inilah perlunya Booster

- 15 September 2021, 21:05 WIB
Ilustrasi herd immunity.
Ilustrasi herd immunity. /Pixabay/Bruno-Germany/

INDOTRENDS.ID - Secara teoritis untuk mencapai herd Immunity (kekebalan kelompok) setidaknya 80 persen penduduk suatu negeri harus sudah disuntik vaksin covid -19

Artinya, dari sekitar 270 juta penduduk Indonesia, pemerintah harus menargetkan sekitar 185 juta diantaranya harus menerima vaksin, barulah negeri kita yang elok nan indah permai ini akan aman sentosa bebas corona, itu teoritically.

Saat ini angka pencapaian vaksinasi secara nasional masih dikisaran angka dibawah 50 juta, yang artinya masih jauh dari target terpasang menuju herd immunity.

Selain masalah ketersediaan vaksin, memotivasi masyarakat untuk datang dan mau memenuhi undangan vaksinasi merupakan tantangan tersendiri.

Baca Juga: VAKSIN PFIZER Anak laki-Laki Lebih Berpotensi Muncul Efek Samping Daripada Anak Perempuan, Ini Penelitiannya

Berbagai upaya pemerintah mempercepat pencapaian herd immunity telah dilakukan. Program vaksinasi Covid-19 ditebar keseluruh penjuru pelosok negeri, melibatkan hampir semua instansi dan piranti pemerintah termasuk kelompok komunitas masyarakat, bahkan vaksin keliling menjemput bola.

Program Baru Indonesia Pasti Bisa (IPB): Perawatan Lansia dan Desa Herd Immunity
Program Baru Indonesia Pasti Bisa (IPB): Perawatan Lansia dan Desa Herd Immunity Instagram / @indonesiapastibisaofficial

Namun belum lagi angka itu tercapai, kita dikejutkan oleh hasil sebuah penelitian di India yang berkaitan dengan tingkat efektifitas dan ketahanan antibodi tubuh setelah menerima vaksin-vaksin itu.

Ya, sebuah studi penelitian di India mengungkapkan penemuan mereka soal ketahanan antibodi vaksin virus corona.

Halaman:

Editor: Rahman Dhani

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x